DDOCI: Tempat gaul para Ducatista


Keberhasilan Casey Stoner (Ducati) menjuarai MotoGP musim ini membuat bungah member Ducati Desmo Owner Club Indonesia (DDOCI). Saat Stoner berlaga di Sepang, Malaysia beberapa member DDOCI kesana. Mereka sempat ngobrol dan foto bareng sang jawara.

Salah seorang Ducatista yang kebetulan juga sekretaris DDOCI, Bona Djalins, mengatakan di Sepang mereka mudah mendekati para rider untuk berbincang atau foto bersama. Maklum, Stoner sudah memastikan gelarnya di Motegi, Jepang beberapa pekan sebelumnya. Pantas saja mereka bisa bercengkerama dengan Stoner, Capirossi, John Hopkins dan legendaris Valentino Rossi.

Nonton MotoGP, baik ke sirkuit atau di café, hanyalah salah satu dari kegiatan DDOCI. Komunitas yang bermarkas di Jalan Mendawai, Jakarta Selatan ini memiliki banyak kegiatan. Selain nonton bareng, mereka juga mengadakan pertemuan rutin setiap hari Minggu. Secara berkala mereka juga mengadakan city riding, touring, maupun track day. Seperti saat libur panjang, bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri, beberapa Ducatista –Bona, Nugroho dan Eko Wijayanto- melepas hasrat riding di Sentul. Mereka bergabung dengan para pembalap SuperSport Indonesia yang kebetulan sedang berlatih.

Hasrat riding Ducatista memang tak pernah padam. Ada saja kegiatan yang mereka gelar. Bosan dengan city riding, mereka merancang touring yang lebih menggigit. “Touring terjauh ke Bali dengan jarak 1400 km,” jelas Bona. Touring selama sepekan itu diikuti oleh 13 motor. Mereka pun pernah berkelana ke Bandung dan Pelabuhan Ratu, Jawa Barat. Menurut Nugroho, karena jarak Pelabuhan Ratu terlampau dekat, sekitar 160 km, mereka pilih memutar melalui Bogor, Leuwiliang, Jasinga, Rangkasbitung, Pandeglang, Saketi, Malingping, Bayah, Cisolok dan Pelabuhan Ratu. Jarak tempuhnya menjadi 370 km.

Di samping touring, awal November 2007 Ducatista juga berpartisipasi pada kejuaraan nasional seri SuperSport dan SuperBike di sirkuit Sentul. Malah untuk kelas SuperBike podium direbut semua oleh para Ducatista. Dondy dengan Ducati 999 mencatat waktu tercepat 1:52,290. Pada kesempatan itu mereka juga menimba ilmu dari pembalap senior untuk meningkatkan skill berkendara.

Upaya meningkatkan skill itu terus dilakukan oleh Ducatista. Sebelumnya, pada acara Ducati Fun Race di Sentul yang disponsori oleh dealer Ducati untuk Indonesia, Super Moto, mereka juga mengikuti Safety Riding Course. Beberapa selebriti pecinta motor Ducati ambil bagian pada acara tersebut, seperti Gunawan, Okan Cornelius dan Ari Wibowo. “Fun race dimulai tahun ini. Kita merencanakan seri yang lebih besar lagi tahun depan,” tambah Bona.

Meski komunitas otomotif, tapi DDOCI tak lupa melakukan aktiftas sosial untuk membantu mereka yang kurang beruntung. Dalam beberapa kesempatan para Ducatista melakukan bhakti sosial ke berbagai tempat. Dan menariknya, dalam bhakti sosial itu, beberapa selebriti yang tergabung dalam DDOCI ikut ambil bagian sehingga bisa memberikan hiburan tersendiri bagi masyarakat. (DH)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s