Jangan lari dari kenyataan!!!


Judul : This Is the One: Sir Alex Ferguson – The Uncut Story of a Football Genius
Penulis : Daniel Taylor
Penerbit : Aurum Press Ltd (Juli 2007)
Isi : 304 halaman

Musim 2006-07 adalah masa paling sulit dalam hidup pelatih Manchester United Sir Alex Ferguson. Bahkan, beredar kabar kalau Ferguson akan meninggalkan kursi panas di Old Trafford yang sudah didudukinya selama dua puluh tahun. Musim tersebut United kalah bersaing dengan tim bergelimang harta, Chelsea. Di samping tidak mendapatkan gelar, Ferguson juga terlibat perseteruan dengan pemain senior Roy Keane, memburuknya hubungan dengan pers dan fans, serta masuknya Malcolm Glazer ke United. Ferguson memandang itu semua sebagai ‘hadiah terbesar’ sepanjang karirnya, bukan malapetaka.

Dalam buku ini Ferguson mengakui hampir tak tahan menerima kenyataan tersebut. Dia nyaris hengkang. Untung Ferguson sadar pelatih yang berjiwa besar bukanlah orang yang lari dari kenyataan, tetapi harus bisa mengubah keadaan. Berbekal pengalaman, keahlian dan kecerdasan pikiran, Ferguson tetap mengarsiteki Setan Merah. Hasilnya, musim 2007-08 United kembali merebut mahkota Liga Premier.

Buku ini enak dibaca karena gaya penulisan yang ringan dan menghibur. Apalagi, penulisnya, Daniel Taylor, bisa melukiskan sosok Ferguson dari berbagai sisi. Kadang Ferguson digambarkan sebagai pelatih berjiwa keras, namun bisa juga menjadi sahabat dan tempat curhat. Tentunya, insan sepakbola kudu membaca buku ini untuk mengambil pelajaran berharga dari seorang tokoh sepakbola dunia. (DH)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s