Sepakbolaria…..unik n lucu


Makam untuk fans Hamburger HSV

Fanatisme terhadap klub sepakbola bisa dibawa hingga ajal. Untuk memenuhi keinginan pendukung fanatiknya, sebuah klub sepakbola di Jerman, Hamburger HSV, akan membangun pemakaman seluas 2.500 meter persegi di dekat stadion mereka. Makam tersebut akan dipakai sebagai tempat peristirahatan terakhir bagi para pemain, pelatih dan juga pendukung fanatiknya. Menurt Hamburger, pembangunan makam tersebut atas desakan 50 ribu fans. Pendukung itu ingin atribut klub bisa mendampingi mereka di tempat yang paling abadi. Bahkan, beberapa pendukung minta agar tanaman di atas makam, baik bentuk dan warnanya, disesuaikan dengan logo klub. Adakah klub Indonesia yang ingin mengikuti jejak Hamburger?


Kuda pun mahir sepakbola

Siapa bilang hanya gajah Lampung yang mahir sepakbola? Di Inggris, seekor kuda bernama Kariba mahir menendang, memberikan umpan serta menyundul bola dengan kepalanya. Sebelumnya, kuda berumur 16 tahun hanya menjadi ‘tunggangan’ majikannya. Namun sejak kuda tersebut beralih ke tangan Emma Massingale, seorang ahli terapi hewan di Natural Equine, di Bradworthy, Devon perilaku kuda berubah. Apalagi setelah Emma mengenalkan bola besar pada sang kuda Dia bukan sekedar hewan piaraan yang menjadi tunggangan pemiliknya. Kariba menjelma menjadi pemain sepakbola yang pintar mengocek bola. Dan yang penting, dia menjadi lebih cerdas dan sehat dari sebelumnya.


Sepakbola dalam puisi

Meski asmara menjadi inspirasi utama bagi para pujangga untuk merangkai kata, tapi tidak demikian dengan penyair kelahiran London, Emdad Rahman (31). Pria yang gandrung dengan klub sepakbola Liverpool ini berhasil menerbitkan buku kumpulan puisi yang semua inspirasinya berasal dari sepakbola. The Greatest Game on Earth – A Collection of Footballing Verse menjadi buku kumpulan puisi sepakbola yang pertama di dunia.

Rahman mulai menyusun kata-kata indah sejak 2006. Saat ini dia memiliki 60 puisi sepakbola. Rencananya, dia akan menerbitkan kumpulan puisi volume dua. Semua puisi Rahman diilhami oleh peristiwa-peristiwa penting dalam sepakbola seperti final Piala Dunia 1982 antara Brasil vs Italia. Tokoh sepakbola pun menjadi sumber inspirasi. Ada puisi yang menceritakan tentang Sir Alex Ferguson (pelatih Manchester United), David Pleat, Bryan Robson dan lain-lain. Lucu juga kali ya….puisi tentang sepakbola.

Bola tak bersuara

Pelajar yang bermain sepakbola di jalanan kota Barrow, barat laut Inggris selalu menimbulkan masalah. Bola sering nyasar ke jendela rumah atau mobil yang lewat. Namun, masalah itu sirna setelah perusahaan lokal Urofoam menciptakan bola yang ‘ramah’ lingkungan. Bola dengan bahan dasar busa dan dilapisi plastik itu dibuat dengan teknologi canggih sehingga tidak menimbulkan suara saat ditendang atau disundul. Bola itu juga tidak akan memecahkan kaca jendela atau merusak body mobil meski benturan bola lumayan keras. Hebatnya, bentuk, ukuran dan berat bola sama persis dengan bola yang ada saat ini. Kepala polisi Barrow Mike Brown gembira dengan penemuan baru itu. Sehingga mereka tak perlu berurusan lagi dengan pelajar yang tersangkut kasus sepakbola jalanan. “Mereka bisa bermain sepakbola tanpa menganggu tetangga,” ujarnya lega. (DH)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s