Resensi buku: The Vision of Champions


The Vision of Champions
Penulis: Anson Dorrance dan Gloriva Averbuch
Isi: 327 halaman
Penerbit: Huron River Press

Buku ini menarik minat saya karena ‘prestasi’ yang diraihnya. Pada awal terbit (2000) buku berjudul The Vision of a Champion-Advice and Inspiration from the World’s Most Successful Women’s Soccer Coach langsung mendapat penghargaan dari majalah Soccer America dan ForeWord Magazine karena penjualannya yang menakjubkan. Di situs amazone.com, buku setebal 327 ini juga menjadi salah satu best seller. Pantas, jika buku ini dicetak ulang saban tahun.

Keberhasilan buku ini menggebrak pasar disebabkan penulisnya, Anson Dorrance memiliki reputasi yang tak diragukan lagi di dunia sepakbola wanita. Di tangan Anson, klub sepakbola wanita University of North Carolina (UNC) Tar Heels berhasil merebut gelar juara sebanyak 18 kali dari 24 musim yang sudah digelar. Saat melatih timnas Amerika Serikat pada 1986 sampai 1994, dia mengantarkan AS merebut medali emas di Kejuaraan Dunia Sepakbola Wanita yang pertama tahun 1991 di China.

Melalui buku ini Anson ingin berbagi pengalaman dalam menangani tim sepakbola wanita, baik saat melatih para mahasiswa ataupun ketika mengarsiteki timnas AS. Meski Anson menguasai teknis sepakbola secara mendalam, tetapi dalam buku tersebut dia menggunakan kata dan kalimat yang mudah dipahami oleh orang awam yang tak mengerti apa-apa tentang sepakbola. Jadi, siapa pun bisa menimba ilmu kepelatihan yang ada di dalam buku tersebut.

Anson bukan hanya membahas soal teknis. Hal-hal nonteknis juga dikupas, seperti bagaimana membangun filosofi agar menjadi pemain kaliber dunia. Tak lupa, Anson memberikan tips bagi pelatih saat mereka menghadapi jadual pertandingan yang super padat atau malah mengajak berlatih para pemain di saat musim libur tiba. Dibutuhkan seni tersendiri dalam menghadapi berbagai macam situasi.

Bagi Anda yang ingin menjadi pemain sepakbola kelas dunia, membaca buku ini wajib hukumnya. Anson akan memberi pencerahan, membangkitkan motivasi, menggugah spirit dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda dalam menendang, menggiring, memberikan assist ataupun menjebol gawang lawan. Bagi Anda yang berprofesi sebagai pelatih, buku inipun mesti dibaca. Anda akan diberi pelajaran bagaimana membangkitkan motivasi pemain dan tim di saat mereka menghadapi masa-masa sulit.

Para pengambil kebijakan di bidang sepakbola harus pula membaca buku ini agar mereka tidak membuat kebijakan yang merugikan perkembangan sepakbola pada umumnya. Buku ini bukan hanya membahas soal teknis, tetapi juga beberapa kebijakan pemerintah dan organisasi sepakbola yang mendukung keberhasilan sebuah tim menjadi juara. (DH)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s