Milanisti Indonesia: Kami nasionalis!!!


AC Milan adalah klub luar negeri yang paling banyak penggemarnya di Indonesia. Meski memiliki komunitas besar, namun hingga 2002 belum ada wadah untuk menampung aktifitas para fans. Maka beberapa fans Milan mulai menggagas untuk mendirikan fans klub. Baru pada 16 Maret 2003, bertempat di KFC Bale Air, Jakarta, dideklarasikan berdirinya Milanisti Indonesia (MI).

Ketika menyaksikan pertandingan timnas Indonesia melawan tim lain di Stadion Gelora Bung Karno atau Lebak Bulus, Jakarta simak dengan seksama spanduk yang dipajang para suporter Indonesia. Di sela-sela spanduk beraroma klub lokal seperti The Jak Mania, The Viking atau Panser Biru, terselip spanduk hitam besar dengan tulisan putih mencolok: Forza Indonesia! Spanduk yang membangkitkan semangat pasukan merah putih itu diusung oleh suporter berbaju merah hitam. Yah, pendukung Rossoneri sedang beraksi.

“Kami nasionalis. Kami cinta timnas. Setiap timnas tanding, kami selalu memberikan dukungan,” tegas Rival, wakil presiden Milanisti Indonesia –yaitu fans klub AC Milan di Indonesia. Pernyataan pria bertubuh subur ini bukan omong kosong. Milanisti Indonesia selalu menonton laga timnas. Bahkan, di Piala Asia kali ini mereka mengadakan koordinasi dengan fans klub lain untuk memberi dukungan moral pada pasukan Indonesia. Aksi dukung timnas sudah dimulai sejak Piala Tiger 2004.

Menurut cowok kelahiran 26 Desember 1980 ini, berkembangnya Milanisti di Indonesia tak lepas dari prestasi buruk timnas dan klub lokal sehingga mereka lebih gandrung dengan klub manca negara. “Untungnya klub kita kurang bagus sehingga Milanisti tumbuh pesat. Kalau klub kita sudah jago, saya yakin fans klub manca negara tidak berkembang,” ujarnya sambil tertawa.

Mandiri

Menurut Rival, AC Milan adalah klub luar negeri yang paling banyak penggemarnya di Indonesia. Meski memiliki komunitas besar, namun hingga 2002 belum ada wadah untuk menampung aktifitas para fans. Maka beberapa fans Milan mulai menggagas untuk mendirikan fans klub. Baru pada 16 Maret 2003, bertempat di KFC Bale Air, Jakarta, dideklarasikan berdirinya Milanisti Indonesia (MI).

“Kita satu-satunya fans klub yang memiliki cabang di luar kota,” kata Toel Maldini, salah satu pengurus MI. Saat ini, MI memiliki cabang di Bandung dan Yogyakarta. “Kota lain segera menyusul,” lanjut Toel. Meski dipisahkan oleh jarak, komunikasi dengan member tetap lancar. Mereka menggunakan milis milanisti-indonesia@yahoogroups.com serta Buletin Milanello (Buletin Elektronik Milanisti Indonesia) sebagai sarana tukar pikiran.

Bukan itu saja. Sesekali mereka juga menggelar gathering atau syukuran seperti yang dilakukan pada awal Juni 2007, setelah AC Milan merebut gelar juara Liga Champions untuk ketujuh kalinya. Sebelum syukuran dimulai, mereka menggelar latihan futsal. Anggota MI seizone Bandung pun ikut ambil bagian pada latihan rutin yang diadakan setiap Sabtu sore di GOR Voli, Senayan, Jakarta.

Setiap acara yang digagas MI, baik nonton bareng atau pun gathering selalu sukses berkat kerjasama dan kebersamaan seluruh anggota MI. Padahal, MI adalah fans klub yang benar-benar mandiri karena tidak pernah mendapat bantuan dana dari klub yang digandrunginya itu. “Kita sudah seperti saudara. Jadi, bukan hanya sepakbola saja yang kita bicarakan,” lanjut Toel.

Kompak

Anggota MI bukan hanya kompak secara internal, tetapi juga menjalin hubungan baik dengan fans klub lain, baik fans klub manca negara maupun lokal. Dalam berbagai kegiatan MI, mereka sering melibatkan United Indonesia, Arsenal Indonesia Supporter, Big Reds Liverpool, Chelsea Indonesia, Juventus Forever Indonesia, Inter Club Indonesia serta Laziale Indonesia. Bahkan MI bersama-sama dengan fans klub lokal (Jak Mania dll) ikut mendukung timnas Indonesia tiap kali berlaga di kandang.

Nasionalisme Milanesti Indonesia ini layak ditiru oleh fans klub manca negara yang lain agar Stadion Gelora Bung Karno atau Lebak Bulus selalu gemuruh tatkala timnas berlaga. Harapan kita, semangat pasukan merah putih akan menyala sehingga prestasinya ikut terdongkrak. Kalau prestasi sudah membaik, seperti kata Rival, fans pun akan bermunculan. (DH)

One thought on “Milanisti Indonesia: Kami nasionalis!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s