Resensi film: La Mano di Dio – Gol Tangan Tuhan


Gol Tangan Tuhan Maradona

Dua puluh tahun berselang, gol Tangan Tuhan Diego Armando Maradona masih menjadi polemik hangat. Apalagi setelah sutradara kondang asal Italia Marco Risi merilis film berjudul: Maradona-La Mano di Dio akhir Maret 2007. Film ini melukiskan bagaimana mega bintang asal Argentina itu mencetak gol melalui tangannya ke gawang Inggris di perempatfinal Piala Dunia 1986.

Risi mampu menggambarkan gerak indah sang bintang saat mencetak gol. Marco Leonardi, aktor asal Austrlia yang berperan sebagai Maradona, bisa menjiwai karakter Maradona yang cerdas, lincah, cerdik dan piawai menggiring si kulit bundar.

Film ini mesti ditonton oleh penggila bola. Risi bukan hanya menggambarkan seluk bola Maradona dalam menggapai puncak karirnya, tetapi juga dilengkapi dengan pergulatan dan perjuangan Maradona menghadapi jeratan kokain dan tuduhan penggelapan pajak saat dia masih menjadi pemain di Italia.

Maradona mengantarkan Argentina menjadi juara Piala Dunia tahun 1986 serta Napoli merebut dua kali scudetto pada 1987 dan 1990. Sayang, karirnya harus berhenti pada usia 37 tahun. Kehidupan pribadinya koyak-moyak karena terlibat narkoba. Kesehatannya menurun drastis. Dia pun menjalani terapi ketergantungan narkoba di Kuba atas bantuan presiden Fidel Castro.

Risi melukiskan bagaimana perjuangan Maradona menegakkan kehidupan setelah karirnya terenggut. Dengan menonton film ini, kita bisa belajar banyak bagaimana menghadapi tekanan mental saat berada di puncak karir. Kita juga bisa mengambil pelajaran dari perjuangan Mardona menjadi pemain top dengan fisik yang kurang menguntungkan. La Mano di Dio alias The Hand of God akan ambil bagian di Festival Film Cannes, Mei 2007. Kapan diputar di tanah air? (DH)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s