Resensi buku: Sven-Goran Eriksson on Football


Resensi Buku

Belajar menjadi pelatih andal

Sven-Goran Eriksson on Football

Penulis: Willi Railo dan Hakan Matson

Isi: 160 halaman

Penerbit: Carlton Books Ltd (Jun 2001)

Di dunia sepakbola nama Sven-Goran Eriksson sudah tak sing lagi. Pelatih asal Swedia ini bukan hanya piawai menangani tim sepakbola di Eropa, tetapi juga jago menaklukkan hati perempuan. Masih ingat kan saat Eriksson terlibat skandal cinta dengan sekretaris Football Association (FA) berwajah cantik, Faria Alam?

Namun, jangan berharap Anda mendapatkan informasi seputar wanita di sekeliling Eriksson. Buku berjudul Sven-Goran Eriksson on Football karya Willi Railo dan Hakan Matson ini hanya mengulas perjalanan Eriksson dalam menangani tim-tim elit dunia di Swedia, Portugal, dan Italia. Di Seri A, dia berhasil mengantarkan Lazio merebut scudetto untuk pertama kalinya setelah menunggu selama 27 tahun.

Setelah malang melintang di berbagai negara, Eriksson mengarsiteki timnas Inggris. Dialah pelatih pertama Inggris yang bukan orang Inggris asli. Tentu FA tidak sembarang dalam memilih pelatih. Meski Inggris gagal merebut Piala Dunia 2006, tetapi Eriksson bisa membangun tim yang kokoh dan solid di semua lini.

Dalam buku ini Eriksson menguraikan secara detail bagaimana perjalanan karirnya sebagai seorang pelatih, bagaimana membangun spirit tim, serta bagaiamana menghadapi pemain yang kurang percaya diri. Dia juga menjelaskan bagaimana dirinya harus menguras energi yang begitu banyak untuk mendidik pemain Inggris agar tidak agresif dan bermain kotor. Juga tidak mendebat wasit saat bertanding. Pendeknya, dalam buku ini Anda akan menemukan resep jitu menjadi pelatih top.

Meski edisi perdana buku ini dicetak Juni 2001, namun isi bukunya masih relevan dengan kondisi saat ini, sehingga penerbit kembali mencetak ulang buku tersebut. Buku ini layak dimiliki oleh para pelatih Indonesia, juga para pemain dan pecinta sepakbola. Saatnya kita belajar dari pengalaman Eriksson agar sepakbola Indonesia bangkit dari keterpurukan. (DH)

One thought on “Resensi buku: Sven-Goran Eriksson on Football

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s