Piala Uefa, Hurtado kambing hitam, Palop pahlawan


Orang yang paling berduka atas kekalahan Espanyol di final Piala Uefa pertengahan Mei 2007 adalah Moises Hurtado. Pemain Espanyol ini menjadi kambing hitam karena dia diganjar kartu merah pada menit ke-68. Akibatnya, Espanyol kalah dalam drama adu penalti.

Pertandingan final yang berlangusng di Stadion Hampden Park, Glasgow, Skotlandia berjalan seimbang. Terlebih kedua tim sudah saling mengenal kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sevilla membuka gol melalui Adriano Correia pada menit ke-18. Hanya selang 10 menit kemudian, Espanyol menyamakan skor melalui Alberto Riera.

Espanyol yang memiliki ambisi besar untuk meraih gelar juara tampil menyerang. Strategi bermain keras yang diperagakan Espanyol menjadi bumerang. Moises Hurtado harus meninggalkan lapangan karena menerima kartu kuning kedua. Hilangnya Hurtado mengurangi keseimbangan Espanyol, sehingga mereka kembali kebobolan pada menit 105 melalui gol Freddie Kanoute. Beruntung, Jonatas bisa menyamakan skor pada menit 115.

Skor 2-2 bertahan sampai perpanjangan waktu berakhir. Adu penalti tak bisa dielakkan lagi. Kiper Sevilla Andres Palop menjadi pahlawan karena berhasil menghalau tiga tendangan penalti dari Luis Garcia, Jonatas dan Marc Torrejon sehingga Sevilla unggul 3-1 dan mempertahankan Piala Uefa untuk kedua kalinya. Keberhasilan Sevilla ini menyamai rekor Real Madrid yang mampu mempertahankan Piala Uefa pada tahun 1986.

Selepas pertandingan, pelatih Espanyol Ernesto Valverde mengatakan, “Saya yakin menjadi juara sebelum Hurtado menerima kartu merah.” Tentu, pernyataan ini sangat menyakitkan bagi Hurtado. Seakan-akan semua kesalahan dibebankan kepada dirinya. Padahal, kalau kita mau ‘fair’, keberhasilan Sevilla mempertahankan Piala Uefa bukan semata-mata kesalahan Hurtado, tetapi juga kepiawaian kiper Sevilla Andres Palop dalam membaca tendangan penalti lawan. Valverde pun mengakui kehebetan Palop. “Mereka memiliki kiper hebat, Itu penting,” lanjutnya. So, nggak perlu mencari kambing hitam. Kiper lawan memang lebih hebat. (DH)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s