MU Indonesia Fans Club


Lompat kegirangan fans United Indonesia meledak. Teriakan histeris dan tepuk tangan membahana di Front Row Sports Grill, Taman Ria Senayan, Jakarta, tempat para pendukung Manchester United menggelar acara nonton bareng.

Di tengah gemuruh teriakan United! United! United, sayup-sayup saya mendegar seorang

gadis berusia duapuluhan, yang duduk di dekat saya, mendendangkan lagu Jingel Bells dengan versi yang berbeda:

Jingle bells, jingle bells,

Jingle all the way,

Oh what fun it is to see,

United win away – oh!

Saya hanya tersenyum mendengar lagu itu. Dalam big match melawan Liverpool awal Maret lalu, sampai menit ke-90 tak ada satu pemain dari kedua kesebelasan yang bisa menjebol gawang lawan. Malah, United terpaksa hanya bermain dengan sepuluh orang setelah Paul Scholes diganjar kartu merah pada menit ke-86.

Malam itu fans Setan Merah yang tergabung dalam Indonesian Manchester United Supporters Club, atau disingkat United Indonesia, tampak tegang. Gadis berambut cepak itu tetap melantunkan tembang Jingle Bells, seolah memberi keyakinan United bakal menang dalam laga melelahkan itu. Tak dinyana, di injury time John O’Shea berhasil membobol gawang The Reds untuk memastikan kemenangan Red Devils 1-0.

Lompat kegirangan fans United Indonesia meledak. Teriakan histeris dan tepuk tangan membahana di Front Row Sports Grill, Taman Ria Senayan, Jakarta, tempat para pendukung Manchester United menggelar acara nonton bareng. Kegembiraan itu mengiringi semua fans sampai ke luar café. Di luar café, mereka berangkulan dan saling memberi selamat, dilanjutkan foto bersama yang dipandu oleh Ketua United Indonesia, Arie ‘Cantona’ Haryanto.

United Indonesia belum berdiri lama, yaitu 20 Agustus 2006. Belum genap setahun, tapi pertumbuhan klub ini sangat pesat. “Sejak didirikan United Indonesia telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Jumlah member terus meningkat,” kata Arie. Menurut Arie, hingga Maret 2007, jumlah member mencapai 500 orang. Maklum, dalam berbagai kesempatan Arie berupaya mengenalkan komunitas ini kepada publik. Seperti pada acara nonton bareng malam itu, mereka menaruh formulir pendaftaran di pintu masuk café. Ada gadis yang bertugas melayani siapa pun yang berminat untuk masuk dalam komunitas tersebut.

“Tempat ini menjadi wadah untuk berkumpulnya para pecinta Manchester United di Indonesia untuk saling berkomunikasi, berbagi informasi dan mengekspresikan rasa cinta kepada Manchester United, “ jelas Arie. Menurutnya, jumlah member hingga Maret 2007 berjumlah 500 orang. Nonton bareng, menurut pria kelahiran Bandung, 21 Mei 1977 ini, hanyalah salah satu kegiatan United Indonesia. Kegiatan lainnya adalah bermain sepakbola. Makanya, United Indonesia juga memiliki tim sepakbola dan futsal. Tapi, jangan bayangkan tim ini setangguh Setan Merah aslinya. Mereka hanya bermain untuk persahabatan. “Yang penting fun,” lanjut pengagum Eric Cantona itu.

Kegiatan United Indonesia lainnya adalah mengadakan tur, baik di Asia maupun menonton sepakbola ke markas United , Stadion Old Trafford di Manchester. Tak hanya nonton dan olahraga sepakbola, United Indonesia juga peduli dengan lingkungan di sekitarnya. Jangan heran kalau suatu saat melihat orang-orang berseragam United mendatangi panti asuhan untuk memberikan bantuan atau pakaian pantas pakai kepada korban banjir atau bencana alam lainnya.

Jika tertarik untuk bergabung menjadi anggota Indonesian Manchester United Supporters Club, datang saja ke markasnya di Senayan Trade Center (STC) Senayan dengan membayar iuran tahunan sebesar Rp150.000. Kalau tinggal di luar Jakarta, bisa mendaftar melalui situs United Indonesia di http://www.unitedindonesia.com. Gampang kan?

Banyak fasilitas yang didapat dengan menjadi member, seperti mendapatkan diskon setiap membeli merchandise Manchester United melalui Red Shop, memperoleh stiker keren United Indonesia, dan masih banyak lagi. So, tunggu apalagi. Segera bergabung bersama United Indonesia. (DH)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s