Entry for May 04, 2007


Uefa Cup: All-Spanish final

Tim-tim Spanyol berjaya di ajang Piala Uefa. Setelah menempatkan tiga tim di babak semifinal, kini terjadi all-Spanish final menyusul kemenangan Sevilla atas Osasuna dan Espanyol atas Werder Bremen, Jumat (4/5) dinihari.

Juara bertahan Sevilla memastikan diri lolos ke final setelah di semifinal leg 2 mengalahkan tim senegaranya, Osasuna dengan skor 2-0 (agregat 2-1). Sebenarnya, peluang Osasuna masuk ke final lebih besar karena mereka unggul 1-0 di semifinal pertama.

Sejak menit awal Sevilla terus menggedor pertahanan Osasuna. Namun, gol pertama baru lahir pada menit 37 melalui tendangan Luis Fabiano yang memanfaatkan umpan Christian Poulsen. Sebelum melesakkan bola ke gawang Osasuna, Luis mengecoh Carlos Cuellar dan menendang bola ke arah kiper Ricardo Lopez.

Tuan rumah terus menambah daya dobrak. Namun sayang Freddie Kanoute gagal memanfatkan peluang menambah gol saat sundulan kepalanya masih mampu dihalau kiper Ricardo. Kedudukan 1-0 bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua Sevilla memastikan kemenangan setelah tendangan Renato pada menit 53, yang memanfaatkan umpan silang Daniel Alves, menembus gawang Ricardo.

Meski Sevilla mendominasi jalannya pertandingan, tetapi Osasuna sempat membuat pendukung Sevilla menahan nafas. Sundulan kepala Pierre Webo nyaris membuahkan gol kalau saja bola tidak menyentuh tiang gawang. Sedangkan, tendangan Valdo Lopez masih bisa dihalau kiper Sevilla, Andres Palop.

Di pertandingan lain, Espanyol berhasil menggagalkam impian Werder Bremen untuk melangkah ke babak final setelah mereka menang 2-1 (agregat 5-1). Tuan rumah Bremen sempat unggul dulu saat Almeida mencetak gol pada menit 5.Namun setelah Miroslav Klose diganjar kartu merah pada menit 19 karena melakukan diving kekuatan Bremen malah berkurang.

Kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh Espanyol. Pada menit 50, Ferran Corominas berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 setelah tendangannya tak bisa dihalau kiper Andreas Reinke. Sebelas menit kemudian, Mari Lacrus mencetak gol melalui sundulan kepala. Sevilla dan Espanyol akan bertemu di partai final pada 16 Mei 2007 di Glasgow. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s