GOL TANGAN TUHAN


Istilah ‘Gol Tangan Tuhan’ kembali menyeruak pasca insiden Thierry Henry di  pertandingan babak play-off Piala Dunia antara Perancis vs Irlandia, Kamis 19 November 2009. Penyerang sekaligus kapten Perancis itu diduga dengan sengaja menghalau bola dengan tangannya sebelum memberikan assist kepada William Gallas yang berujung pada gol.

Gol Tangan Tuhan Henry bukanlah yang pertama di dunia sepakbola. Gol serupa, bahkan  lebih sensasional pernah terjadi di ajang lebih bergengsi. Berikut beberapa Gol Tangan Tuhan terpopuler di dunia sepakbola.

1. Diego Maradona – Perempatfinal Piala Dunia 22 Juni 1986, Estadio Azteca, Mexico City

Perempatfinal Piala Dunia 1986 antara Inggris vs Perancis berlangsung panas. Hawa gerah terasa karena pertandingan ini digelar hanya empat tahun sejak kedunya terlibat Perang Malvinas. Saat Argentina tertinggal, Diego Maradaona mendapat umpan silang dari Jorge Valdano. Si Boncel melompat untuk menyundul bola. Sayang, bola tak terjangkau kepala. Maradona tak kurang akal. Tangan kirinya bergerak untuk melesakkan bola ke gawang Peter Shilton. Gol di menit 51 itu mendapat protes keras dari pemain Inggris, namun wasit asal Tunisia Ali Bin Nasser tetap mengesahkan gol tersebut. Di laga ini, selain membuat insiden, Maradona juga membuat sensasi. Di menit 54 dia mengocek bola seorang diri, mengelabui lima pemain Inggris, menusuk kotak penalti serta mengecoh kiper Peter Shilton. Tim Tango menang 2-1 atas Inggris dan lolos ke semifinal.

2. Lionel Messi – La Liga, 10 Juni 2007, Camp Nou

Bintang Barcelona ini dianggap titisan Diego Maradona. Bukannya hanya ukuran tubuhnya yang tergolong mini, tetapi kepandaian mengocek bola pun nyaris sama. Messi, di semifinal Copa Del Ray 2007 melawan Getafe, melakukan solo run dari lapangan tengah, mengecoh beberapa pemain dan menjebol gawang Getafe. Nyaris sama dengan aksi Maradona di perempatfinal Piala Dunia 1986.

Messi juga meniru ‘kepandaian’ Maradona dalam mengecoh kiper dan wasit. Di pertandingan melawan Espanyol, gol pertama Messi yang terjadi pada menit 43 lahir dari tangannya, bukan kepala. Messi yang berdiri bebas di kotak penalti mendapat crossing dari  Gianluca Zambrotta. Sayang kepala Messi tak bisa menyentuh bola. Maka Messi pun menggerakkan tangan untuk memperdaya kipper Carlos Kameni. Protes pemain Espanyol tak digubris wasit dan pertandingan berakhir imbang 2-2.

3. Adriano – Seri A Italia, 16 Februari 2009, San Siro

Dalam derby Milano, Inter menang 2-1 atas seterunya AC Milan. Namun gol pertama Inter yang  dicetak Adriano pada menit 29 dengan memanfaatkan umpan lambung Maicon menimbulkan kontroversi. Dalam tayangan ulang, bola sempat menyentuh tangan striker asal Brasil itu sebelum dia menanduk bola untuk memerdaya kiper AC Milan Christian Abbiati. Sehabis pertandingan Adriano mengakui kalau bola sempat menyentuh tangannya, tetapi itu tidak disengaja. Sehingga dia pun mendukung keputusan wasit Roberto Rosseti yang mengesahkan gol itu. Tentu aksi Adriano ini berbeda dengan Maradona yang dengan sengaja memakai tangannya untuk menjebol gawang Inggris.

4. Thierry Henry – Babak Play-off Piala Dunia 2010, 19 November 2009, Stadion

Aksi Henry di babak Play-off melawan Republik Irlandia menimbulkan perdebatan panjang. Publik Perancis malu atas aksi itu dan sebagian besar menganggap Perancis tak layak tampil di putaran final Piala Dunia 2010 di Afsel. Insiden itu terjadi pada menit 103 saat Henry memburu umpan rekannya di dekat gawang Irlandia. Terlihat dengan jelas striker Barcelona itu mengontrol bola dengan tangannya sebelum memberikan assist kepada William Gallas. Umpan silang itu disambut Gallas dengan tandukan dan berhasil menjebol gawang lawan sehingga Perancis unggul secara agregat 2-1. Pelatih Irlandia Giovanni Trapattoni dan seluruh pemain Irlandia protes, tetapi wasit asal Swedia Martin Hansson tetap mengesahkan gol tersebut. Irlandia menangis karena merasa kemenangan mereka telah dirampok Henry. (Majalah 3636 edisi 48, Januari 2010)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s